Kayu Lapis

Kayu lapis merupakan produk komposit yang terbuat dari lembaran-lembaran vinir yang direkatkan bersama dengan susunan bersilangan tegak lurus. Kayu lapis termasuk ke dalam salah satu golongan panel struktural, dimana arah penggunaan kayu lapis ini adalah untuk panel-panel struktural. Cikal bakal munculnya kayu lapis terjadi di Mesir sekitar tahun 1500 S.M dimana pada masa tersebut orang-orang Mesir telah mampu membuat vinir untuk menghiasi perabot rumah tangga mereka. Selanjutnya disusul bangsa Yunani dan Roma kuno mengembangkan alat pemotong vinir (Haygreen dan Bowyer, 1993). Seiring dengan meningkatnya kebutuhan bahan konstruksi maka keberadaan industri kayu lapis mulai berkembang.

Kayu Lapis atau biasa disebut plywood (tripleks untuk kayu lapis dengan 3 lapisan, dan multipleks untuk kayu lapis dengan 5 lapisan atau lebih), menurut definisi para ahli adalah sebagai berikut:

  • Kayu Lapis adalah suatu produk yang diperoleh dengan cara menyusun bersilangan tegak lurus bersilangan lembaran vinir yang diikat dengan perekat, minimal 3 (tiga) lapis (SNI, 1992).
  • Tsoumis (1991) mengemukakan bahwa, kayu lapis adalah produk panel yang terbuat dengan merekatkan sejumlah lembaran vinir atau merekatkan lembaran vini pada kayu gergajian, dimana kayu gergajian sebagai bagian intinya/core (yang lebih dikenal sebagai wood core plywood). Arah serat pada lembaran vinir untuk face dan core adalah saling tegak lurus, sedangkan antar lembaran vinir untuk face saling sejajar.
  • Youngquist (1999) mengemukakan bahwa kayu lapis merupakan panel datar yang tersusun atas lembaran-lembaran vinir yang disatukan oleh bahan pengikat (perekat) dibawah kondisi pengempaan.
  • Haygreen dan Bowyer (1993) mengemukakan bahwa kayu lapis merupakan produk panel vinir-vinir kayu yang direkat bersama sehingga arah serat sejumlah vinirnya tegak lurus dan yang lainnya sejejar sumbu panjang panil.

Dari definisi yang para ahli berikan, zulkar9 dapat simpulkan bahwa kayu lapis adalah produk panel hasil hutan kayu yang tersusun atas lembaran-lembaran vinir yang disatukan dengan arah serat yang saling tegak lurus antar satu vinir dengan yang lainnya. Penyatuan vinir tersebut menggunakan perekat khusus untuk kemudian dikempa dengan tekanan dan suhu tertentu. Hehehe.. Ini adalah definisi kasar yang zulkar9 buat. Mungkin kawan sekalian bisa menyimpulkan sendiri, apa itu kayu lapis atau plywood. Oh iya, kalau ada yang belum tahu apa sih vinir itu. Vinir adalah lembaran tipis kayu yang dihasilkan dengan cara mengupas atau menyayat kayu bundar atau kayu persegian.

Sekian. Semoga bermanfaat.

sumber: Heri, A.I. 2008. Kayu Lapis (Plywood). Karya Tulis. Departemen Kehutanan. Universitas Sumatera Utara. Medan.

About these ads

About zulkar923

Adalah orang yang sedang belajar berjalan untuk memperbaiki dirinya. Melalui blog ini, Ia berharap dapat menulis apa saja yang Ia sukai. Menyenangkan dan menenangkan hati banyak orang dengan tulisan-tulisannya. Karena apa yang ia tulis bukanlah hal yang "berat", yang sulit dan membutuhkan pemikiran yang rumit. Hal yang ingin Ia tulis adalah hal-hal ringan yang ada di sekitar kita. Seperti video game, fotografi, kuliner, motivasi dan tulisan-tulisan lainnya yang semoga tidak hanya menarik, tapi juga bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya. Ia berharap, banyak dari kawan-kawan dan para pembaca memberikan kritik serta masukan, agar Ia senantiasa belajar untuk menjadi pribadi yang lebih baik yang selalu memperbaiki diri.
This entry was posted in All About Plywood. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s