“Saya Blogger Pemula”

Menulis

Assalamualaikum wr wb, kawans zulkar9.

Sore ini zulkar9 merasa rindu sekali untuk menulis. Namun di sisi lain, zulkar9 pun bingung ingin menulis apa. Atau lebih tepatnya zulkar9 punya beberapa tema untuk ditulis, namun zulkar9 bingung harus memulai dari mana. Zulkar9 pun merasa sedang tidak dalam mood-nya untuk menulis. Oleh sebab itu, kali ini zulkar9 akan mengangkat tema tentang hal itu.

Sebagai blogger pemula tentu salah besar jika zulkar9 memberikan tips bagaimana blogger pemula harus menulis. Zulkar9 tidak ingin memberikan tips, melainkan ingin berbagi tips dari para blogger master tentang  bagaimana seharusnya blogger pemula menulis. Artikel kali ini akan dilengkapi dengan link share-nya, agar para pembaca bisa masuk langsung ke dalam artikel dimana zulkar9 juga membacanya.

Dalam beberapa artikel yang zulkar9 baca, salah satu (atau salah dua, hehehe) masalah dari seorang blogger pemula dalam menulis adalah masalah mood menulis dan bingung mau menulis apa atau tidak ada ide. Mood memang sering dijadikan alasan klasik bagi seseorang untuk melakukan pembenaran atas kemalasan yang dia lakukan (aseeekk, bahasanya. Hahaha). Tapi sungguh, kawans. Jika kita bertanya dengan teman yang lagi malas untuk melakukan sesuatu, biasanya si teman akan berkata “ngga ah. Males, lagi ga mood”. Nah kan?!

Mulai sekarang, singkirkan rasa malas atau tidak mood itu, kawans. Mulailah menulis. Menulis apa saja yang menarik bagi kita. Jika kita sedang suka film, tulislah tentang film tersebut. Siapa pemeran utamanya, bagaimana jalan ceritanya, siapa sutradaranya, dimana lokasinya dan lain sebagainya. Jika kita sedang suka game, tulislah tentang game tersebut. Game itu tentang apa, siapa lakonnya, spek komputer seperti apa yang bisa memainkannya, trik-trik untuk mengalahkan raja di setiap levelnya, dan lain sebagainya. Cobalah cari apa yang kita suka, lalu tuliskan. Mungkin ketika kita menulis apa yang kita suka tersebut, mood yang tadinya “tidak ada”, menjadi “ada” dan mengalir begitu saja. Bahkan, suatu saat kita akan melihat 2 jenis tulisan kita. Tulisan pada saat kita mood untuk menulis, dan tulisan pada saat kita sedang tidak ada mood untuk menulis. Menarik bukan. Maka, tetaplah menulis.

“Tidak ada ide”. Setelah membaca paragraf di atas, sepertinya sudah tidak ada lagi alasan untuk tidak ada ide yah? Menulis itu menarik. Seperti kita sedang bercerita kepada seseorang dan orang itu menyimak apa yang kita ceritakan. Baru kemudian setelah cerita selesai (dalam hal ini, si pembaca selesai membaca tulisan kita), orang itu memberikan tanggapan tentang apa yang telah kita ceritakan.  Jadi, ada baiknya setiap artikel yang kita buat mengandung pertanyaan atau ajakan untuk sharing, agar antara blogger dan pembacanya ada interaksi. Sehingga membuat acara tulis menulis, cerita mencerita, jadi semakin menarik dan tidak membosankan. Dan yang terpenting bagi seorang pemula, jangan pikirkan apakah tulisan yang kita buat berbobot atau tidak. Tulislah, karena itu akan melatih kemampuan kita.

Last, mari kita hapus kalimat “tidak ada mood” dan “tidak ada ide” dari kebiasaan kita untuk menulis. “Tulislah apapun yang saat itu ada dalam benak kalian. Meskipun itu hanya satu kalimat. Karena dengan menulis, engkau akan mengingat 2 kali. Saat engkau memikirkannya. Dan saat engkau menuliskannya.” (beuuhh kali ini lumayan juga yah kata-kata yang keluar dari otak saya, alhamdulillah, hihihi). Sekian dulu, monggo bagi yang punya saran lain, mohon sharingnya.. ^_^

Wassalamualaikum wr wb, kawans zulkar9

http://ghoyad.blogspot.com/2011/12/tips-menulis-artikel-berkualitas-bagi.html

http://edukasi.kompasiana.com/2011/06/08/berbagi-tips-menulis-untuk-pemula/

About zulkar923

Adalah orang yang sedang belajar berjalan untuk memperbaiki dirinya. Melalui blog ini, Ia berharap dapat menulis apa saja yang Ia sukai. Menyenangkan dan menenangkan hati banyak orang dengan tulisan-tulisannya. Karena apa yang ia tulis bukanlah hal yang "berat", yang sulit dan membutuhkan pemikiran yang rumit. Hal yang ingin Ia tulis adalah hal-hal ringan yang ada di sekitar kita. Seperti video game, fotografi, kuliner, motivasi dan tulisan-tulisan lainnya yang semoga tidak hanya menarik, tapi juga bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya. Ia berharap, banyak dari kawan-kawan dan para pembaca memberikan kritik serta masukan, agar Ia senantiasa belajar untuk menjadi pribadi yang lebih baik yang selalu memperbaiki diri.
This entry was posted in Sharing. Bookmark the permalink.

One Response to “Saya Blogger Pemula”

  1. tetap semangat. myzulkar9..🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s