Defect Kayu Lapis: Core Lap

Assalamualaikum wr wb, kawan.

Kali ini kita akan membahas tentang “Core Lap”. Core Lap, atau sebagian ahli menyebutnya tumpang tindih, adalah suatu keadaan di mana vinir yang membentuk kayu lapis salah letak sehingga menghimpit vinir di sebelahnya. Bagi zulkar9 sendiri, core lap adalah tumpang tindihnya salah satu atau beberapa lapisan vinir yang membentuk kayu lapis. Mungkin gambar di bawah ini bisa lebih menjelaskan seperti apa core lap itu. Monggo.

Core Lap

Core Lap

Core Lap ini bisa terjadi pada short core atau pun long core (termasuk face dan back vinir). Untuk jenis-jenis core/lapisan pada kayu lapis akan kita bahas di artikel lain. Intinya pada saat proses veneer preparation, masalah ini belum diperbaiki. Seharusnya, jika pada saat veneer preparation (perbaikan vinir sebelum vinir dimasukan ke dalam proses pengeleman dan penyatuan menjadi panel), ditemukan vinir yang saling tumpang tindih, salah satu bagian yang tumpang tindih tersebut dibuang dengan menggunakan cutter. Sehingga kondisi vinir menjadi rata (tidak ada yang tumpang tindih). Dan di beberapa perusahaan, setelah pemotongan bagian yang tumpang tindih tersebut, pada tepi vinir yang dipotong tadi, diberikan gum tape ataupun “solatip” khusus agar tidak terjadi tumpang tindih lagi pada saat vinir dimasukkan ke dalam proses pengeleman.

Long Core Lap

Long Core Lap

Last, untuk menjaga kualitas kayu lapis yang dihasilkan, ada baiknya setiap pekerja diawasi dan dibimbing agar mau untuk membuang bagian vinir yang tumpang tindih tersebut. Karena bukannya tidak mungkin faktor human error sering terjadi. Baik lolos dari penglihatan pekerja atau pun pembuangan bagian yang tumpang tindih terlalu besar, yang akhirnya akan mengakibatkan cacat lain, core void atau open split misalnya. Semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum wr wb.

About zulkar923

Adalah orang yang sedang belajar berjalan untuk memperbaiki dirinya. Melalui blog ini, Ia berharap dapat menulis apa saja yang Ia sukai. Menyenangkan dan menenangkan hati banyak orang dengan tulisan-tulisannya. Karena apa yang ia tulis bukanlah hal yang "berat", yang sulit dan membutuhkan pemikiran yang rumit. Hal yang ingin Ia tulis adalah hal-hal ringan yang ada di sekitar kita. Seperti video game, fotografi, kuliner, motivasi dan tulisan-tulisan lainnya yang semoga tidak hanya menarik, tapi juga bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya. Ia berharap, banyak dari kawan-kawan dan para pembaca memberikan kritik serta masukan, agar Ia senantiasa belajar untuk menjadi pribadi yang lebih baik yang selalu memperbaiki diri.
This entry was posted in All About Plywood. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s